Pak Dulrokim Spesialis Penyelam Sesaji Kawah Gunung Kelud Kediri Jawa Timur


Viral..! Orang Masuk Kawah Gunung Kelud Yang Lagi Viral Di Kediri | Youtube ": Bongkotan Pring

Gunung Kelud Lokasinya kira-kira 45 km sebelah timur pusat Kota Kediri dan 25 km sebelah utara pusat Kota Blitar. Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi paling aktif. unung yang mempunyai ketinggian 1.700 meter dari permukaan air laut (mdpl) ini letaknya sekitar 27 km dari pusat kota Kediri. Naik ke Gunung ini ke puncak kawahnya naik ojek okal dengan biaya murah Rp 30rb (sudah naik dan turun).

Pak Dulrokim Spesialis Penyelam Sesaji Kawah Gunung Kelud Kediri Jawa Timur. Dulrokim, pria spesialis penyelam kawah Gunung Kelud. Sejak tahun 2006, dia menjalankan tugasnya itu. Semua dilakukan demi pengabdian. Selain menyelam saat membawakan larung sesaji rutin tahunan pada bulan suro, dia juga kerap diminta tolong melarung saat ada ritual tertentu yg dilakukan pengunjung. Penyelam Kawah Gunung Kelud: Tradisi Larung Sesaji dan Pengalaman Letusan

Orang ini masuk kawah gunung Kelud yang lagi viral di kediri, Kerap dipanggil Mbah Dul Kelud yang dengan sukarela masuk ke kawah gunung Kelud dengan tujuan melakukan tradisi jawa kuno yang terkenal dengan Larung Sesaji, Tradisi ini dengan membawa sesajian lalu di masukkan ke Kawah Gunung Kelud. Upacara Larung Sesaji di Gunung Kelud dilakukan bertujuan untuk menolak bala sumpah Lembu Suro yang merasa dikhianati oleh Dewi Kilisuci. Sesaji dari ritual ini biasanya berisi nasi, sayuran, lauk-pauk, dan buah-buahan yang dikemas dalam bentuk tumpeng yang cukup besar. 

Dalam hidupku dua kali merasakan letusan kelud, th 1990 dan th 2014. Tahun 1990 letusan dimulai jam 1 siang, letusannya sangat parah, jam 2 siang kotaku blitar sudah berubah menjadi malam, dan di langit kilat vulkanik menggelegar terus tanpa henti, letusan itu berlangsung satu bulan lebih, ngeri pokoknya, tulis @nico_276

Dekat kawah Gunung Kelud ini ada terowongan Di tahun 1973, seorang karyawan PROSIDA di Jember, pernah bercerita bahwa di gunung kelud memang ada terowongan buatan dari luar kedalam kawah gn Kelud yang di peruntukan mengalirkan air kawah keluar bila terjadi hujan yang lebat dengan tujuan bila terjadi letusan gn Kelud, lahar yang terjadi tidak sebanyak bila kawah penuh air sampai bibir kawah, dan aliran tersebut diarahkan keselatan. Lubangnya cukup besar sehingga alat berat bisa melewatinya untuk membersihka lumpur luapan lava yang ada saat luber air lawah.

Terowongan di Gunung Kelud

Guna mengalihkan aliran lahar Gunung Kelud, sebuah sistem secara ekstensif dibangun pada tahun 1926. Secara keseluruhan dibangun tujuh terowongan. Pada masa setelah kemerdekaan dibangun terowongan baru setelah letusan tahun 1966, 45 meter di bawah terowongan lama. Hingga saat ini terowongan itu masih berfungsi. Terowongan yang selesai tahun 1967 itu diberi nama Terowongan Ampera. Saluran ini berfungsi mempertahankan volume danau kawah agar tetap 2,5 juta meter kubik.

Satu-satunya gunung berapi di dunia yg dampak letusannya dapat diakali oleh manusia, dahulu air danau kawah memenuhi kaldera, setiap kali meletus memuntahkan lahar panas dari air danau yg bercampur dengan lava, mengalir hingga puluhan kilo meter dan merebus  desa-desa dan semua yg dilaluinya. untuk itu pemerintah hindia belanda membangun 7 terowongan untuk membuang atau mengurangi debit air danau kawah untuk mengurangi luapan lahar panas apabila kelud meletus. Dan dari gunung ini pulalah lahir pos pengamatan gunung berapi pertama di indonesia, dan istilah "lahar" Dari kelud sekarang Digunakan di semua gunung api diseluruh dunia.

Letusan Gunung jaman dulu

Sejarah Erupsi Gunung Kelud sudah terjadi sejak abad ke-15 dan memakan korban lebih dari 15.000 jiwa. Pada 1586, erupsi gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Malang, Blitar dan Kediri, Jawa Timur tersebut, merenggut korban lebih dari 10.000 jiwa.

Bahan letusan Gunung Kelud berupa lahar dingin telah menenggelamkan peradaban besar di masa lalu, seperti KERAJAAN KALINGGA DI KELING KEPUNG KEDIRI pada abad ke-6. Situs-situs sejarah seperti TONDO WONGSO dan situs ADAN ADAN, yang terpendam lebih dari 6 meter di bawah tanah, menjadi bukti sejarah tersebut. BUMI KADIRI dipilih sebagai Bumi yang dijadikan ibukota oleh berbagai KERAJAAN, seperti YAWASTINA pada masa Prabu ASTRADARMA, WIDARBA pada masa Prabu SRI JAYA BAYA, MEDANG pada masa Prabu AIRLANGGA, KALINGGA pada masa Prabu Wasudewa, PANGJALU KADIRI pada masa Sri BAMECWARA, dan terakhir, WILWATIKTA pada masa Prabu GIRINDRAWARDHANA.

Saat ini, Gunung Kelud terlihat kecil dengan ketinggian hanya 1700 meter di atas permukaan laut (MDPL), namun jika kita memperhatikan kaldera yang luas, dapat dipahami bahwa Gunung Kelud dahulu kala merupakan gunung yang besar.

Legenda Lembu Suro

Gunung Kelud adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur, tepatnya berada di Kabupaten Kediri. Gunung yang berada di tiga perbatasan Kabupaten tersebut memiliki legenda tentang penghianatan Dewi Kilisuci terhadap Lembu Suro.

Sebelum mati, Lembu Suro mengucapkan sumpah dari dalam sumur. Sumpah tersebut berbunyi begini: “Mbesok bakal pethuk piwalesku sing makaping-kaping. Yaiku, Kediri bakal dadi kali, Blitar dadi latar, Tulungagung dadi kedung.” (Suatu saat akan mendapat balasanku yang teramat besar.

Viral..! Orang Masuk Kawah Gunung Kelud Yang Lagi Viral Di Kediri | Youtube ": Bongkotan Pring

#diluarnalar #lagiviral #yanglagiviral

No comments:

Post a Comment