Informasi Terbaru mengenai Hilangnya Seorang Anak di Temuwuh, Dlingo, Bantul


Informasi Terbaru mengenai Hilangnya Seorang Anak di Temuwuh, Dlingo, Bantul


Pada Senin, 7 Agustus 2023, beredar berita tentang hilangnya seorang remaja yang bernama Andi Saputra, berusia 15 tahun, beralamat di Kapingan RT. 02, Temuwuh, Dlingo, Bantul. Andi Saputra merupakan seorang anak yang berasal dari Kalurahan Temuwuh, Dlingo, Bantul. Ibu dari Andi menemukan ponsel anaknya di sekitar perbatasan antara Kalurahan Temuwuh dan Muntuk, tepatnya di bawah rumpun bambu di daerah Kali Dong Pring. Tempat ini terletak tidak jauh dari rumah korban.

Menurut informasi yang diterima dari akun Instagram BASARNAS Yogyakarta (@basarnas_yogyakarta), Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta mendapat laporan bahwa seorang remaja bernama Andi (usia 15 tahun) telah hilang di Hutan Dlingo, tepatnya di Kelurahan Temuwuh, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kronologis kejadian tersebut mencatat bahwa pada Senin, 7 Agustus 2023, sekitar pukul 10.00 WIB, Andi pergi meninggalkan rumah dan bertemu dengan tetangganya di perjalanan. Ketika ditanya, Andi mengatakan bahwa ia akan pergi ke Kali Panjang. Namun, tetangganya merasa bahwa itu tidak aman dan mengusulkan agar Andi pulang bersamanya, namun tawaran tersebut ditolak oleh Andi.

Tetangga tersebut kemudian melaporkan insiden ini kepada ibu Andi. Ibu Andi mencoba mengejarnya, namun sayangnya, jejak Andi hilang. Hasil pencarian menunjukkan bahwa ponsel Andi ditemukan di dekat pohon bambu di sekitar daerah Kali Dong Parang. Meskipun upaya pencarian dilakukan oleh warga sekitar, namun tidak membuahkan hasil, sehingga Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta dihubungi pada Selasa sore, 8 Agustus 2023.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta, Kamal Riswandi, langsung mengirimkan satu Tim Rescue dari Pos Basarnas Gunungkidul untuk berkoordinasi dan melaksanakan pencarian. Namun, meskipun pencarian dilakukan oleh Tim SAR Gabungan hingga pukul 18.00 WIB pada hari yang sama, Andi belum juga ditemukan. Pencarian sementara dihentikan dan direncanakan akan dilanjutkan pada hari berikutnya, Rabu, 9 Agustus 2023.

Pencarian pada Hari Kedua Operasi SAR

Pada tanggal 9 Agustus 2023, operasi SAR memasuki hari kedua dengan kondisi yang membahayakan manusia, karena satu orang masih hilang di Hutan Dlingo, tepatnya di Kelurahan Temuwuh, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mengenai kronologi yang diterima sebelumnya pada Senin, 7 Agustus 2023, sekitar pukul 10.00 pagi, Andi pergi dari rumah dan bertemu dengan tetangganya di jalan. Ketika ditanya, Andi menyatakan akan pergi ke Kali Panjang. Namun, tetangganya mencoba mengajaknya pulang namun ditolak, kemudian tetangga tersebut melaporkan hal ini kepada ibu Andi. Ibu Andi mencoba mengejarnya namun kehilangan jejak di sekitar daerah Kali Dong Parang, tempat di mana ponsel Andi ditemukan.

Andi Saputra, berusia 15 tahun, warga Kapingan RT 02, Kelurahan Temuwuh, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY, akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat di Bukit Watu Putih pada pukul 16.00 WIB hari itu. Proses pencarian melibatkan berbagai pihak, termasuk tim SAR, kepolisian, relawan, perangkat desa, dan masyarakat umum. Salah satu relawan, Pantas115, juga turut berkontribusi dalam Operasi SAR ini.

Setelah upaya pencarian yang dilakukan oleh Tim SAR Gabungan, Andi ditemukan dalam kondisi selamat pada koordinat 07° 54' 42,7" LS 110° 27' 19,8" BT. Jaraknya sekitar 877 meter dari lokasi terakhir diketahui, dalam keadaan lemas dan lapar mengingat dia sudah hilang selama 3 hari tanpa makan dan minum. Selanjutnya, Andi dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan dan dibawa ke Klinik Mitra Husada untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Polsek Dlingo juga memberikan informasi mengenai peran mereka dalam upaya pencarian. Tim SAR gabungan dari Basarnas, anggota Polsek Dlingo, dan relawan berhasil menemukan Andi Saputra di dekat Sungai. Meskipun demikian, pada awalnya Andi pergi ke sungai pada pagi Senin, 7 Agustus 2023, tanpa memberi tahu keluarganya. Anggota Polsek Dlingo bersama warga berusaha mencari Andi, dan setelah kerjasama yang kuat dengan tim Basarnas, akhirnya pada Rabu, 9 Agustus 2023, Andi ditemukan dalam kondisi lemas namun selamat di wilayah Alas Muntuk, Dlingo, Bantul. Setelah ditemukan, Andi segera dibawa ke Klinik Mitra Pratama Terong untuk mendapatkan perawatan medis.

Ditutupnya Operasi SAR

Dengan berhasil ditemukannya Andi Saputra, operasi SAR yang telah berlangsung dalam kondisi yang membahayakan manusia dan menelan waktu tiga hari di Hutan Dlingo, Kabupaten Bantul, diumumkan ditutup. Semua anggota Tim SAR Gabungan dikembalikan ke unit masing-masing setelah berhasilnya upaya penyelamatan ini.

No comments:

Post a Comment