Wisuda Program Sarjana Periode III T.A. 2022/2023 - Biologi Universitas Gadjah Mada


Pada Rabu, 24 Mei 2023, Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada melaksanakan upacara pelepasan wisudawan/wisudawati program Sarjana periode III. Acara dimulai pukul 13.30 WIB dengan pembukaan oleh Prof. Dr. Budi Setyadi Daryono, M.Agr.Sc., dekan Fakultas Biologi. Para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Gadjah Mada, dan Mars Biologi.

Selanjutnya, dilakukan pembacaan laporan wisuda Program Sarjana oleh Kaprodi S1, yaitu Bapak Sukirno, S.Si., M.Sc., Ph.D. Beliau menyampaikan, "Pada upacara wisuda kali ini, Fakultas Biologi meluluskan sebanyak 11 wisudawan." Sdri. Nabila Ramiza Puteri, S.Si., meraih IPK tertinggi dengan nilai 3,89. Kemudian, dilakukan pembacaan hasil kelulusan wisudawan/wisudawati.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan wisudawati, yaitu Sdri. Nabila Ramiza Puteri, S.Si. Dalam sambutannya, Sdri. Nabila mengungkapkan kebanggaannya menjadi mahasiswa Universitas Gadjah Mada, "Kami bangga menjadi gadjah mada muda, saat pertama kali berkuliah di sini." Selanjutnya, Bapak Ir. Adi Hidayat, orang tua Sdri. Nabila, memberikan sambutan dan menyampaikan rasa syukurnya karena dapat mendidik anak-anaknya menjadi manusia berkualitas dengan memberikan pendidikan di universitas terbaik di Indonesia.


Kemudian, dilakukan penyematan pin Kabiogama oleh WD P2MKSA, yaitu Dr. Eko Agus Suyono, S.Si., M.App.Sc. Penyematan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Sdri. Astri Nurlita, S.Si. dan Sdr. Ardi Febriyanto, S.Si., mewakili seluruh wisudawan/wisudawati.

Selanjutnya, dekan Fakultas Biologi, Prof. Dr. Budi Setyadi Daryono, M.Agr.Sc., memberikan sambutan. Beliau mengungkapkan bahwa meskipun jumlah wisudawan kali ini tidak banyak, Fakultas Biologi telah meluluskan wisudawan yang berasal dari 7 provinsi di Indonesia. Beliau juga mengisahkan tentang tiga tipe wisudawan setelah wisuda, yaitu tipe pertama yang ingin melanjutkan studi, tipe kedua yang ingin langsung bekerja, dan tipe ketiga yang sedang mencari cinta. Prof. Dr. Budi Setyadi Daryono juga menegaskan bahwa lulusan S1 tidak hanya diciptakan sebagai tenaga kerja, tetapi juga untuk menjadi pemimpin dan berkembang. Terakhir, beliau meminta maaf apabila selama menjalankan tugas dalam mendidik masih terdapat kekurangan.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan penutupan wisuda. Upacara pelepasan wisuda selesai pada pukul 15.00 WIB, kemudian diadakan sesi foto bersama wisudawan dan jajaran dekan. [AY]

No comments:

Post a Comment