BUMDES Argomulyo: Desa yang Maju



Desa Argomulyo terletak di kecamatan Sedayu dengan luas wilayah mencapai 953,00 Ha. Batas-batas wilayahnya meliputi Desa Sidomulyo di utara (Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman), Desa Triwidadi di selatan (Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul), Desa Argosari di barat (Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul), dan Desa Balecatur di timur (Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman). Tipologi wilayahnya mencakup persawahan, perladangan, peternakan, kerajinan dan industri kecil, serta jasa dan perdagangan.

Desa Argomulyo dapat dianggap sebagai desa satelit karena menjadi lokasi bagi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Akademi Kebidanan Nyai Ahmad Dahlan (saat ini berubahn nama jadi   Institut Sains Teknologi dan Kesehatan Mulia Yogyakarta (ISTEK Mulia), Sekolah Kesatuan Bangsa, SMAN Sedayu, Stasiun Rewulu, dan Terminal BBM Rewulu. Secara geografis, desa ini terletak di poros jalan nasional yang menghubungkan DIY, Bantul, Sleman, dan Kulonprogo.

Desa ini juga merupakan kampung kelahiran Bapak Soeharto, Presiden RI ke-2, dengan adanya Museum Soeharto yang menjadi daya tarik pariwisata. Desa Argomulyo memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai klaster pariwisata dan ekonomi lokal. Selain Museum Soeharto, desa ini juga terkenal sebagai pusat produksi jamu tradisional di Dusun Watu, destinasi kars tubing di Sorobayan, serta beberapa daerah yang dapat dihubungkan sebagai kawasan outbound.

Dalam upaya meningkatkan potensi ekonomi lokal, Desa Argomulyo saat ini pernah melakukan rekruitmen calon pelaksana operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) tahun 2018. Harapannya, BUMDES Argomulyo dapat menjadi entitas yang kuat, mulai dari pondasi, pengelolaan potensi, hingga memberikan keuntungan dan manfaat bagi masyarakat setempat. Sejalan dengan namanya, BUMDES Argomulyo Melaju, menunjukkan semangat dan komitmen desa ini untuk terus maju ke depan.

Next time kita akan mengulas sejarah Stasiun Rewulu, dan Stasiun lainya. Kenapa sih kok ada Stasiun ? Karena kemungkinanan besar Stasiun adalah pusat gerakan distribusi ekonomi di daerah sekitarnya


No comments:

Post a Comment