Foto Sekitar Progo dan Jembatan Bantar Jaman Dulu


Berikut ini adalah foto Jembatan bantar jaman dulu, jembatan lama ini masih ada dan dipertahankan hingga saat ini. Namun tidak digunakan utnuk melintas.

Jembatan Bantar ini berjenis jembatan gantung berlokasi di jalan Wates km 13 menghubungkan dua kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul yang dipisahkan dengan sungai (kali) Progo. Jembatan bantar panjang 176 meter dengan jumlah bentang ada 3 buah, yaitu 48 meter, 80 meter dan 48 meter. Pondasi merupakan pondasi sumuran dan waktu pertama kali dibuat, jembatan ini jalannya menggunakan balok dan papan kayu. Sedangkan saat ini sudah diganti dengan lapisan aspal. (yoicoy.com & datajembatan.com)


Mensen in pont op rivier (Orang-orang di feri di sungai)
Foto diatas jika dilihat dari data.collectienederland.nl diatas berjudul "Javanen worden met een veerpont over de Progo rivier gezet" atau berarti : Orang Jawa diambil alih (menggunakan) sungai Progo dengan kapal feri (Fonton bambu). Diambil sekitar tahun 1880 -1920. Menurut sumber lain geheugenvannederland.nl berjudul :  Mensen in pont op rivier (Orang-orang di feri sungai /rakit bambu) dengan deskripsi singkat "Overvaart over de Progo naar de Boeroeboedoer" atau Menyeberangi Progo ke Boeroeboedoer. Koleksi : Fotografi pelopor dari Hindia Belanda, Institusi : Koleksi Khusus Leiden dan Sumber : PKL.0625, Fotografi pelopor dari Hindia Belanda, Print Room Leiden.

Jembatan Progo 1 (Belum ada Deskripsi)

Jembatan progo, belum ada deskripis yang jelas. terlihat ramai oleh warga lokal (terlihat dengan pakaian khas jawa). 
Jembatan di atas Progo (Brug over de Progo-rivier te Kedoe)

Foto diatas dari informasi di web lain ada juga judul Brug over de Progo-rivier te Kedoe "Jembatan di atas sungai Progo di Kedu", Judul lain Jembatan di atas Progo (Kedoe). Bisa jadi juga ada judul lain terkait foto ini. Tertulis juga informasi di web ini collectie.wereldculturen.nl "Jika Anda memiliki komentar tentang informasi dalam item ini, atau jika Anda menemukan kesalahan, silakan hubungi kami melalui collection@wereldculturen.nl"


Jembatan bantar Lama atau disebut sebagai jembatan Bantar 1 ini berlokasi di koordinat  Latitude -7,822451 dan Longitude 110,234075. 

Catatan :

  • Foto dari FB : Agus Subiyanto yang bersumber dari Arsip Daerah Bantul, DIY.
  • Hasil pencarian di Internet foto ini memiliki kesamaan dengan yang di web data.collectienederland.nl dan geheugenvannederland.nl.

No comments:

Post a Comment